SMK-PP Sembawa Siap Hadapi Revolusi Industri 4.0.

 

Unit Pelaksana Teknis (UPT) Sekolah Menengah Kejuruan Pertanian Pembangunan (SMK-PP) Negeri Sembawa, Sumatra Selatan, menerima kunjungan perwakilan PT Cargill Pusat Zulham Koto dan rombongan Indonesia Planters Society (IPS), di pertengahan Februari 2019. Kunjungan tersebut adalah langkah lanjut dari pertemuan perdana yang membahas upaya peningkatan kompetensi sumber daya manusia (SDM) sektor pertanian. Khususnya bagi guru, tenaga kependidikan, serta peserta didik untuk dapat memenuhi persyaratan kebutuhan dunia usaha dan dunia industri dalam menghadapi Revolusi Industri 4.0.

Para tamu disambut Kepala SMK-PP Negeri Sembawa Mattobi’i, Wakil Kepala Sekolah Sarana Prasarana Yoniar Effendi, dan guru program studi Agribisnis Pengolahan Hasil Pertanian Mona Nur Moulia. Rombongan PT Cargill Sekayu yang diwakili Hadi Suryanto, Yontano Maros, dan Joko hadir untuk melihat langsung SMK-PPN Sembawa. Mereka juga didaulat melanjutkan pembahasan rencana pengembangan SDM dalam bentuk model pelatihan atau kesempatan magang bagi guru. Model pelatihan tersebut setara dengan pelatihan calon asisten, baik di bidang budi daya sawit maupun pengolahan sawit demi menciptakan SDM pertanian yang kompeten dan profesional di era Revolusi Industri 4.0. “Kami siap menerima dan memfasilitasi praktik kerja lapangan (PKL) siswa,” kata Hadi.

Langkah kemitraan antara SMK-PP Negeri Sembawa dan Partnership for Indonesia Sustainable Agriculture (PISAgro) ini juga menjadi penegasan atas konsep besar menciptakan SDM yang berkualitas dan berkompetensi menghadapi Revolusi Industri 4.0. Pusdiktan meyakini bahwa setiap SDM pertanian mesti memiliki kemampuan untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan saat ini, yakni pemakaian teknologi komputerisasi berbasis digital seraya melihat peluang usaha dalam menciptakan inovasi baru.(Mona Nur Moulia/FIK)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *