Sijamu, Cara Pusdiktan Audit Kualitas Pendidikan

Pola kerja efektif dan efisien adalah langkah strategis Pusat Pendidikan Pertanian (Pusdiktan) dalam mengawasi keberlangsungan sistem kelembagaan pendidikan vokasional pertanian di lingkup Kementerian Pertanian. Berbasis itulah, Pusdiktan mulai menerapkan aplikasi Sistem Informasi Jaminan Mutu (Sijamu) untuk memantau langsung mutu internal pendidikan tinggi pertanian. Pelatihan operasional Sijamu bertajuk Workshop Audit Mutu Internal Pendidikan Tinggi tersebut diselenggarakan di Bogor, 8-10 Oktober silam.

Menurut Kepala Bidang Kelembagaan dan Ketenagaan Pendidikan Pusdiktan Inneke Kusumawaty, pelatihan kali ini dalam rangka memfasilitasi Audit Mutu Internal (AMI) agar sesuai standar Auditor Politeknik yang sudah ditetapkan. Tujuannya jelas, supaya meningkatkan kinerja manajemen unit kerja di lingkungan polbangtan, memaksimalkan pelayanan kepada masyarakat, dan mendongkrak akreditasi institusi dan program studi polbangtan.

Pelatihan Sijamu diikuti 16 orang perwakilan dari seluruh Unit Pelaksana Teknis (UPT) politeknik pembangunan pertanian (polbangtan) dari seluruh Indonesia. Yakni dari Polbangtan Medan, Polbangtan Bogor, Polbangtan Yogyakarta-Magelang (YoMa), Polbangtan Malang, Polbangtan Gowa, dan Polbangtan Manokwari. Mereka mendapatkan bimbingan dan pendampingan langsung kiat mengoperasikan Sijamu yang berbasis laman online. Syaratnya, para peserta mesti melengkapi berbagai dokumen yang akan dijadikan acuan standar mutu pendidikan.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *