Rangka regulasi dibutuhkan untuk pelaksanaan tugas, fungsi serta kewenangan dan penjabaran peran Pusat Pendidikan Pertanian dalam mencapai sasaran strategi. Selain itu regulasi tersebut dibutuhkan dalam menyelesaikan permasalahan yang dihadapi dalam pembangunan pertanian, khususnya di tingkat daerah.

Langkah awal dalam proses pelaksanaan penyusunan kerangka regulasi adalah melakukan evaluasi terhadap efektivitas regulasi yang ada. Apabila hasil evaluasi dinyatakan bahwa regulasi yang ada sudah efektif dalam mendukung pencapaian tujuan dan sasaran Pusat Pendidikan Pertanian, maka tidak perlu dibentuk regulasi baru. Apabila hasil evaluasi ternyata belum efektif atau belum optimal dalam mendukung pencapaian tujuan dan sasaran Pusat Pendidikan Pertanian perlu dibentuk regulasi baru atau regulasi yang ada.

Dalam rangka mengoptimalkan sistem pemantapan pendidikan pertanian, maka perlu pengkajian kembali terhadap regulasi yang ada serta menyusun peraturan operasionalnya. Produk Regulasi Pusat Pendidikan Pertanian adalah sebagai berikut:

Keputusan Menteri Pertanian RI