Pusdiktan Jalin Kerja Sama dengan Kadin Indonesia

Bertepatan dengan momentum Hari Pendidikan Nasional, Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) dan Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) Indonesia menandatangani Perjanjian Kerja Sama (PKS) di Jakarta, Kamis (2/5). Penandatangan PKS tersebut disaksikan Direktur Politeknik Pembangunan Pertanian (polbangtan) Medan, Direktur Polbangtan Bogor, Direktur Polbangtan Yogyakarta-Magelang, Direktur Polbangtan Malang, Direktur Polbangtan Gowa, dan Direktur Polbangtan Manokwari. Acara ini juga disaksikan peserta acara Seminar Kelayakan Perusahaan Pendidikan Kejuruan yang digelar BPPSDMP.

BPPSDMP yang diwakili Kepala Pusat Pendidikan Pertanian (Pusdiktan) Idha Widi Arsanti mengungkapkan, perjanjian kerja sama ini adalah tindak lanjut dari perjanjian sejenis antara Kementerian Pertanian dan Kadin Indonesia. Kerja sama antara BPPSDMP dan Kadin Indonesia ini terfokus di bidang pendidikan, khususnya pendidikan vokasi. BPPSDMP berharap kerja sama dengan Kadin Indonesia membuka peluang ketersediaan tempat praktik kerja lapangan (PKL) bagi mahasiswa di bawah binaan Kementan.

Santi menambahkan, kerja sama ini pun tak boleh bersifat formalitas, namun harus ditindaklanjuti dengan aksi nyata peningkatan kapasitas dosen, mahasiswa, dan Pusat Latihan Pertanian (PLP) melalui magang di perusahaan yang menjadi anggota Kadin Indonesia.

Menurut Kepala Pusdiktan, kerja sama dengan Kadin dirasakan sangat penting untuk pengembangan sekolah vokasi di bawah Kementan dalam rangka menuju World Class University. Selain itu tentunya, sekaligus menunjukkan komitmen Kementan dalam mengembangkan pendidikan vokasi di Tanah Air.

Hal senada juga diungkapkan Kadin Indonesia yang diwakili Ketua Kadin Bidang Ketenagakerjaan dan Industri Antonius J. Supit. Menurut dia, pendidikan vokasi menjadi primadona di masa mendatang. Pasalnya jelas, perusahaan membutuhkan tenaga siap pakai, artinya tidak perlu mengadakan pelatihan untuk calon pekerjanya.(Muhammad Zacky/EPN)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *