Pusdiktan Jajaki Kerja Sama dengan SEAMEO BIOTROP

Persoalan peningkatan produktivitas pertanian di lahan terbatas seperti perkotaan menjadi persoalan tersendiri. Satu di antara solusi tersebut adalah kegiatan kultur jaringan dan urban farming, yang mampu memanfaatkan lahan sempit untuk tetap produktif dan menghasilkan produk pertanian yang maksimal. Usulan tersebut mengemuka dalam kunjungan Kepala Bidang Kelembagaan dan Ketenagaan Pusat Pendidikan Pertanian Inneke Kusumawaty ke South East Asian Ministry Education Organization for Tropical Biology (SEAMEO BIOTROP), Bogor, Jawa Barat, awal Oktober 2019.

Dalam kunjungannya, Inneke menekankan kembali perhatian utama Kementerian Pertanian untuk mewujudkan sektor pertanian yang maju, modern, berkualitas, dan berdaya saing global. Termasuk sektor pertanian Indonesia yang diharapkan mampu meningkatkan kreativitas, berbarengan dengan peningkatan kualitas sumber daya manusia pertanian Indonesia. Di antaranya dengan upaya kerja sama dalam bidang pertanian di area perkotaan (urban farming) dan kultur jaringan, khususnya untuk sistem pendidikan dan kurikulum yang tepat.

Menurut Inneke yang diamini Kepala Sub Bidang Ketenagaan Pusdiktan Kodrad Winarno yang ikut hadir dalam pertemuan itu sistem pendidikan dan kurikulum yang tepat akan turut mendorong hasil lulusan pendidikan yang mampu menciptakan lahan pekerjaan (job creator). Kodrad pun berharap rencana kerja sama tersebut juga menyentuh program pengembangan kualitas dan kompetensi tenaga pendidik.(Wahyu Hadi Trigutomo/EPN)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *