Program YESS Bakal “Serbu” Empat Provinsi

Ada kabar baik buat kaum muda milenial di perdesaan di Tanah Air. Sedianya, tak kurang dari 340-an ribu generasi muda di kawasan perdesaan bakal menjadi target bergabung dengan Program Youth Entrepreneurship and Employment Support Services (YESS) yang diluncurkan Kementerian Pertanian, bekerja sama dengan International Fund for Agricultural Development (IFAD). Program selama enam tahun yang diresmikan pada 11 Oktober 2019 itu akan dilaksanakan di empat provinsi, pada 15 kabupaten. Yakni di Provinsi Kalimantan Selatan (Kabupaten Banjarbaru, Tanah Laut, dan Kabupaten Tanah Bumbu); Provinsi Sulawesi Selatan (Kabupaten Bantaeng, Bone, Bulukumba, dan Kabupaten Maros); Provinsi Jawa Barat (Kabupaten Sukabumi, Cianjur, Tasikmalaya, dan Kabupaten Subang); serta di Provinsi Jawa Timur (Kabupaten Malang, Tulungagung, dan Kabupaten Pacitan).

Sasaran Program YESS ini adalah kaum muda di perdesaan, khususnya dari keluarga kurang mampu serta generasi milenial yang berisiko besar terhadap kemiskinan. Indikator hasil kegiatan program di sektor pertanian tersebut meliputi lima bagian utama. Pertama, 32.500 orang memperoleh pekerjaan di sektor berbasis pertanian. Kedua, 33.500 orang pedesaan meningkat pendapatannya. Ketiga, 50.600 orang mengembangkan usaha di bidang pertanian. Keempat, seratus ribu orang sudah mampu menggunakan jasa keuangan, yang 4.300 di antaranya adalah rumah tangga migran muda. Yang terakhir, sebanyak 120 ribu pemuda dan pemudi memperoleh pendidikan keuangan.

Menurut perencanaan, seluruh indikator tersebut akan dicapai melalui empat kegiatan utama. Yakni, Peningkatan Kapasitas Pemuda Perdesaan di Bidang Pertanian (Rural Youth Transition to Work), Pengembangan Wirausahawan Muda Perdesaan (Rural Youth Entrepeneurship), Fasilitasi Akses Permodalan (Investing to Rural Youth), dan Membangun Lingkungan Usaha yang Kondusif (Enabling Environment fo Rural Youth).(EPN)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *