Presiden RI: Gerakan Pramuka Mendukung Persatuan Bangsa

Bangsa Indonesia adalah bangsa yang majemuk. Dan, Gerakan Pramuka memberi contoh nyata bahwa keberagaman yang ada justru memberikan warna untuk saling menyatukan. Dalam sambutannya, Presiden RI Joko Widodo yang hadir sebagai pemimpin upacara mengamini tema Hari Pramuka “Bersama Segenap Komponen, Gerakan Pramuka Mendukung Persatuan Bangsa”. Perhelatan akbar peringatan Hari Pramuka tersebut dilaksanakan di Lapangan Utama Bumi Perkemahan Pramuka Cibubur, Jakarta Timur, Rabu (14/8).

Menurut Presiden yang juga menjadi Ketua Majelis Pembimbing Nasional Gerakan Pramuka, tema yang diusung peringatan kali ini sudah sesuai dengan kondisi yang ada sekarang. Gerakan Pramuka menjadi contoh persatuan dalam keberagaman bangsa yang majemuk.

Acara ini juga dihadiri Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) Kementerian Pertanian (Kementan) yang juga menjabat sebagai Kepala Pimpinan Satuan Karya Pramuka Taruna Bumi (Kapinsaka Taruna Bumi) Tingkat Nasional Kementan Dedi Nursyamsi dan Kepala Pusat Pendidikan Pertanian (Pusdiktan) BPPSDMP Idha Widi Arsanti.

Dalam laporannya, Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Budi Wasesa menegaskan kembali kehadiran Hari Pramuka sebagai wujud momentum persatuan bangsa. Simbolik persatuan tersebut ditampilkan dengan menggunakan ornamen desain berbahan bambu dan tali, hidangan produk lokal sebagai bukti melindungi petani, dan aksi memerangi sampah plastik. Beragam kegiatan juga digelar di Hari Pramuka ini, seperti donor darah, ziarah tabur bunga, dan bakti masyarakat. Ketua Kwarnas juga memberikan penghargaan tertinggi Tunas Kencana kepada Joko Widodo.(Anggi Aditya Yuda Irawan/FIK)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *