Polbangtan Siap Terima Mahasiswa Baru 2019/2020

Politeknik Pembangunan Pertanian (polbangtan) yang tergabung dalam Pusat Pendidikan Pertanian (Pusdiktan) Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) Kementerian Pertanian menggelar Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Polbangtan Tahun Ajaran 2019/2020. Seluruh informasi seleksi dan pengumuman hasil PMB ini dapat diakses secara daring melalui laman Kementan dan portal masing-masing polbangtan. Informasi yang sama bisa dilihat di media pengumuman di setiap kampus polbangtan, pemerintah daerah, dan sekolah lanjutan tingkat atas.

Metode pendaftaran PMB 2019/2020 dibagi berdasarkan Jalur Kerja Sama, Tugas Belajar, Undangan, dan Jalur Umum. Tahapan seleksi dilaksanakan dalam empat bagian, yakni penilaian administrasi akademik yang dilakukan di masing-masing polbangtan—di bawah kendali Panitia PMB Nasional. Setelah itu, peserta akan menjalani Computer Assisted Test (CAT) di masing-masing polbangtan di Badan Kepegawaian Negara (BKN) Regional terdekat atau di lokasi yang ditunjuk. Mata pelajaran yang diuji adalah Matematika, Bahasa Inggris, dan Teknis Pertanian. Proses seleksi selanjutnya adalah wawancara untuk menggali potensi, minat, dan bakat. Tahap terakhir seleksi adalah tes kesehatan di rumah sakit yang telah ditunjuk.

Pendaftaran Jalur Tugas Belajar dan Undangan berlangsung pada 1 Maret hingga 30 April 2019. Hasil seleksi administrasi Jalur Tugas Belajar dan Undangan ini diumumkan pada 1 Mei 2019. Sementara untuk pendaftaran Jalur Kerja Sama dan Umum akan dilaksanakan pada 1 April hingga 31 Mei 2019. Pengumuman hasil seleksi administrasi Jalur Kerja Sama dan Umum dapat diketahui pada 14 Juni 2019.

Daftar Polbangtan dan BKN

Selanjutnya untuk Try Out Ujian Tulis Jalur Kerja Sama dan Jalur Umum dilaksanakan pada 27 Juni 2019. Sementara prosedur CAT dan Wawancara Jalur Kerja Sama dan Jalur Umum diselenggarakan pada 23-24 Juli 2019. Hasil CAT dan Wawancara PMB akan diumumkan pada 26 Juli 2019. Sementara tahap Tes Kesehatan dilakukan pada 29-31 Juli 2019.

Pengumuman calon mahasiswa yang lolos masuk polbangtan dapat diketahui per 1 Agustus 2019. Pada 5-8 Agustus, setiap calon mahasiswa yang lulus seleksi harus melakukan registrasi atau daftar ulang. Masa Bimbingan Dasar Mahasiswa (Mabidama), Kursus Mahir Dasar (KMD), dan Kuliah Perdana akan dilaksanakan pada 2 September 2019.

Jalur Kerja Sama berlaku pascakesepakatan antara Pusdiktan/BPPSDMP dan pemda dengan kuota 20 persen untuk setiap program studi (prodi). Calon mahasiswa yang berusia maksimal 25 tahun 0 bulan per 31 Agustus 2019 pun mesti mendapat persetujuan pemda dalam pemilihan prodi dan polbangtan yang dituju. Di saat yang sama, pemda bertanggung jawab untuk memfasilitasi lapangan kerja lulusan dan berkontribusi atas pembiayaan mahasiswa—yang sifatnya tidak mengikat dan tak tumpang tindih dengan pembiayaan dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara.

Jalur Tugas Belajar diperuntukkan bagi aparatur sipil negara (ASN) Pertanian baik di pusat maupun daerah. Usia maksimal peserta adalah 25 tahun, kecuali berasal dari daerah 3T, atau khusus Prodi Penyuluhan yang maksimal usia 37 tahun 0 bulan per 31 Agustus 2019. Setiap ASN calon peserta harus lolos seleksi administrasi dan tes kesehatan.

Polbangtan, Prodi, dan Kuota Penerimaan

Jalur Undangan berlaku bagi tiga (3) siswa terbaik berprestasi dari Sekolah Menengah Kejuruan Pertanian Pembangunan (SMKPP) Unit Pelaksana Teknis (UPT) dan SMKPP Binaan Kementan yang terakreditasi. Nilai dari semester I sampai semester V rata-rata paling rendah 7.50, dan direkomendasikan kepala sekolah dengan melampirkan sertifikat/piagam penghargaan/prestasi. Jalur Undangan ini pun berlaku bagi anak petani yang berprestasi untuk lulusan dua tahun terakhir dengan nilai sesuai Surat Keterangan Hasil Ujian Nasional (SKHUN) rata-rata paling rendah 7.00 dan direkomendasikan Dinas Pertanian setempat. Berkas calon mahasiswa harus melampirkan foto kopi kartu keluarga terbaru yang dilegalisir dan sertifikat/piagam penghargaan/prestasi minimal tingkat kabupaten/kota.

Jalur Umum berlaku bagi siapa pun lulusan dua tahun terakhir dari SMKPP atau SMK Pertanian, atau sekolah menengah atas dan madrasah aliyah jurusan Ilmu Pengetahuan Alam. Nilai minimal rata-rata ijazah peserta calon mahasiswa adalah 7.50 sesuai SKHUN.(EPN)

Click here to add your own text