Ngudi Rahayu Bertandang ke Polbangtan YoMa

Politeknik Pembangunan Pertanian (polbangtan) Yogyakarta Magelang Jurusan Peternakan kedatangan 30 orang anggota Kelompok Tani Ngudi Rahayu Giyanti, pertengahan Februari 2019. Kunjungan rombongan pelaku peternakan dari wilayah Candimulyo, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah itu adalah untuk mempelajari Sapta Usaha Peternakan yang diterapkan di Polbangtan YoMa. Para tamu disuguhi beragam materi penjelasan dan diskusi tentang Sapta Usaha Peternakan oleh Ketua Unit Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (UPPM) Akimi, plus agenda berkeliling lapangan di sejumlah kandang pendidikan peternakan milik Polbangtan YoMa.

Menurut Ketua Kelompok Tani Ngudi Rahayu Giyanti Sumantri, kehadiran mereka kali ini adalah untuk melihat dan menerima informasi langsung perihal Sapta Usaha Peternakan. Yaitu mulai dari persoalan bibit unggul, pemberian dan jenis pakan ternak yang baik, kandang, kesehatan hewan, reproduksi, manajemen, hingga langkah pemasaran ternak. “Kesempatan ini sangat menguntungkan, dan kami ingin lebih paham,” kata Sumantri.

Para petani ternak asal Magelang ini pun berkesempatan berkeliling melihat kandang ternak besar dan kecil. Bahkan, rombongan yang juga didampingi sejumlah ketua jurusan dan dosen bidang Kesehatan Hewan, Reproduksi Hewan, dan Pakan Ternak itu diajak menengok langsung sosok sapi unggulan yang diberi nama Roro Mendut. Field trip kelompok tani ini juga didampingi Pranata Laboratorium Pendidikan (PLP) dari masing- masing laboratorium ternak kecil, ternak besar, unggas, dan Lab Pakan.

Para peserta terlihat antusias dan kerap mengajukan sederet pertanyaan. Selain menyoal materi, mereka pun menggali informasi seputar kegiatan usaha peternakan yang digeluti sehari-hari.(Tantyanuar/EPN)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *