Kapusdiktan Wisuda 105 Lulusan SMK-PP Kupang

“Wisuda adalah momentum pelepasan lulusan kepada masyarakat untuk berkiprah dan memberikan andilnya dalam pembangunan pertanian,” kata Kepala Kepala Pusat Pendidikan Pertanian (Pusdiktan) Idha Widi Arsanti, mewakili kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) di acara pengukuhan dan pelepasan 105 siswa Sekolah Menengah Kejuruan Pertanian Pembangunan (SMK-PP) Kupang Angkatan XXXV Tahun Ajaran 2018/2019, pertengahan Mei 2019.

Santi menegaskan, berkiprah di masyarakat dan turut andil dalam pembangunan adalah langkah wajib setiap para lulusan SMK-PP. “Wisuda bukan sekadar kegiatan pengukuhan dan pelepasan yang dilaksanakan di setiap akhir masa pendidikan,” kata dia, di acara bertema “Lulusan SMK-PP Negeri Kupang Siap Menjadi Job Creator dan Job Seeker yang Kompeten dalam Menunjang Kedaulatan Pangan dan Meningkatkan Kesejahteraan Petani” tersebut.

Ke-105 lulusan yang diwisuda berasal dari tiga program studi (prodi) yaitu Agribisnis Tanaman Pangan dan Hortikultura, Agribinis Ternak Ruminansia, serta Prodi Perawatan Kesehatan Ternak. Santi menambahkan, Kementerian Pertanian bangga menyambut alumni sebagai tenaga teknis menengah baru di bidang pertanian.

Sebanyak 85 persen lulusan SMK-PP pada 2018 terdata sudah bekerja kerja di sejumlah perusahaan, dan sisanya menjadi entrepreneur. Sementara sebagian lainnya melanjutkan ke jenjang pendidikan berkuliah di politeknik pembangunan pertanian.(Ageng Hasanah S./EPN)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *