Jangek Tulang ala PWMP Jani

Predikat kaum muda penuh karya, tampaknya pas disandangkan buat Rizka Angelya. Perempuan muda satu ini menjadi motor penggerak Jani (Jangek [kerupuk] Warna Warni), sebuah kelompok Penumbuhan Wirausaha Muda Pertanian (PWMP) yang bergerak di usaha pengolahan hasil pertanian. Bersama Jani yang mendapatkan bantuan modal dari kegiatan PWMP Kementerian Pertanian, Rizka menjadikan tulang ikan sebagai bahan utama bisnis di bidang kuliner makanan ringan sejak 2017.

Ketertarikan berwirausaha bukanlah jauh panggang dari api. Maklum, Rizka terlahir dari keluarga yang acap menerapkan pola hidup dengan selalu bekerja keras untuk hal apapun. Pundi-pundi keuntungan pun mulai diraih.

Kebetulan, di tempat tinggalnya di Palembang, Sumatra Selatan, ikan adalah konsumsi primer bagi penduduk sekitar. Itu masih ditambah sederet lagi beragam produk makanan berbahan dasar ikan yang terdapat di Bumi Sriwijaya. Tak pelak, meski kadang dianggap sebelah mata, jumlah tulang ikan pun dijamin berlimpah. Bahan dasar itulah yang kemudian dikemas ulang Rizka melalui produk Jani.

Selalu bergiat, ulet, serta telatenlah yang akhirnya membuat Jani ala Rizka mulai memiliki pangsa pasar khusus: online maupun offline. Pemasaran berupa pengenalan produk dan penawaran dilakukan melalui akun di Facebook, Instagram, dan daring koran setempat. Momentum offline dilaksanakan dengan menitipkannya di beberapa tempat gerai warung, atau dipasarkan bila bazar tiba. Inspiratif.(Dahlia Murwaningsih/EPN)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *