Pendidikan vokasi

Pendidikan vokasi adalah pendidikan tinggi yang menunjang pada penguasaan keahlian terapan tertentu, meliputi program pendidikan Diploma (diploma 1, diploma 2, diploma 3 dan diploma 4) yang setara dengan program pendidikan akademik strata 1. Lulusan pendidikan vokasi akan mendapatkan gelar vokasi.

Menurut penjelasan pasal 16 ayat (1) Peraturan Pemerintah nomor 52 tahun 2016, pendidikan vokasi merupakan pendidikan tinggi program diploma yang menyiapkan mahasiswa untuk pekerjaan dengan keahlian terapan tertentu sampai program sarjana terapan.

Jadi, pendidikan vokasi merupakan nama lain dari program diploma yang sudah lama dikenal. Pendidikan vokasi juga merupakan nama lain dari pendidikan kejuruan. Namun demikian, setelah nomenklatur pendidikan menjadi pendidikan vokasi, biasanya sebuah perguruan tunggi akan semakin memperbaiki sistem pendidikannya. Kebalikan dengan sistem pendidikan akademik, pendidikan vokasi menerapkan sistem minimal 60 persen praktek dan maksimal 30 persen terori atau idelanya 70 % praktek dan 30 % teori

« Back to Glossary Index