Anggaran Pendidikan Pertanian 2020 Mulai Disusun

Pusat Pendidikan Pertanian (Pusdiktan) menggelar pembahasan dan penyusunan Anggaran Pendidikan Tahun Ajaran 2020. Acara yang diselenggarakan di Arch Hotel Bogor, Jawa Barat, dibuka langsung Kepala Pusdiktan Idha Widi Arsanti dan berlangsung selama tiga hari sejak 8 Juli silam. Acara ini juga dihadiri Sekretaris Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) Prihasto Setyanto, perwakilan dari direktur Anggaran Bidang Perekonomian dan Kemaritiman Kementerian Keuangan yaitu Kepala Seksi Anggaran Bidang Pertanian, Kelautan, dan Kehutanan 2 Widi Sulistiono, direktur Politeknik Pembangunan Pertanian (polbangtan) seluruh Indonesia, kepala Sekolah Menengah Kejuruan Pembangunan Pertanian (SMK-PP) seluruh Indonesia, serta manajer Program Youth Entrepreneurships and Empowerment Support Services (YESS) Yul Harry Bahar.

Pertemuan kali ini fokus pada pembahasan dan penyusunan anggaran yang dilaksanakan setelah ditetapkannya pagu indikatif dari Kementerian Keuangan dan Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas). Ajang kali ini bertujuan agar penyusunan anggaran pendidikan pertanian tahun mendatang sudah tersusun sesuai grand desain pendidikan sektor pertanian. Lantaran itulah, setiap polbangtan didaulat memaparkan rencana pengganggaran terkait penyelenggaraan pendidikan dan kegiatan pendukung lainnya.

Selain paparan para direktur polbangtan, sejumlah materi juga dibedah, sekaligus sesi tanya jawab, diskusi kelompok, dan kerja mandiri. Dari hasil pertemuan ini diharapkan setiap polbangtan dan SMK-PP dapat menyusun Rencana Kerja dan Anggaran Kementerian/Lembaga (RKAK/L), membuat Kerangka Acuan Kerja (Term of Reference), dan merencanakan anggaran biaya (RAB) sesuai output yang tercantum pada Aplikasi Krisna.(Arif Oka/EPN)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *